Flek Hitam Ibu Hamil Dan Kenali Tanda akan Masuk Persalinan

Sering sekali ibu hamil mempertanyakan tentang timbulnya Flek hitam yang berwarna mirip seperti darah pada saat hamil memasuki usia 9 bulan atau mendekati waktu melahirkannya sang bunda. ya benar, flek hitam ini sering muncul menyurupai warna darah yang keluar dan kering pada pakaian dalam ibu hamil. Sebagian wanita yang sedang hamil tua sering mencemaskan apakah flek hitam ini berbahaya atau tidakkah?

Wanita hamil kebanyakan mengalami spotting (keluar flek) pada saat trimester pertama, tetapi tidak perlu cemas karena ini adalah bagian dari kehamilan. Meskipun sang bunda dapat membedakan dengan flek yang menandakan kehamilan bermasalah. Keluarnya flek pada kehamilan bermasalah disertai komplikasi, solusinya yang tepat adalah memeriksakan langsung ke Dokter kandungan untuk dilakukan penanganan yang terbaik pada kesehatan janin bunda.

Flek hitam yang dianggap normal tidak akan berlangsung lama, hanya satu atau dua hari saja. Adapun penyebab keluarnya flek pada saat kehamilan diantaranya adalah perubahan hormon yang terjadi pada awal kehamilan. Meskipun flek hitam dinyatakan aman selama kehamilan akan tetapi apabila terjadi di trimester kedua dengan jumlah yang banyak dan juga sering, bisa saja ini merupakan petanda masalah pada organ kewanitaan bunda. Diantaranya adalah luka pada leher rahim yang dapat disebabkan karena pemeriksaan yang melukai leher rahim, adanya penyakit vagina, atau mioma pada rahim.Sedangkan beberapa ibu hamil mendapati flek hitam pada celana dalam menjelang persalinan (diatas usia kehamilan 38 minggu), betulkah tanda kelahiran akan datang?

Flek hitam yang menempel pada celana ibu hamil menjelang persalinan, diawali dengan warna kecoklat-coklatan, kemudian coklat muda, lalu coklat hingga mendekati warna darah. Sebenarnya tidak saja flek hitam (berupa bercak darah dalam jumlah sedikit) yang dapat dijadikan tanda-tanda bunda memasuki persalinan.
cara cepat hamil

Berikut tanda-tanda persalinan semakin dekat :

Pada usia kehamilan bunda yang semakin tua apalagi sering sekali mengalami kontraksi sebainya bunda mempersiapkan diri, kontraksi atau rasa mules sering kali terjadi bertahap, sedangkan menjelang persalinan lebih sering hingga 10 menit sekali.

Mengeluarkan sakit pada bagian tubuh tertentu, diantaranya adalah sakit pada panggul dan tulang belakang. sakit yang dialami bunda dikarenakan adanya pergeseran dan pergerakan janin yang menekan tulang. Kemudian hal yang umum terjadi pada ibu hamil menjelang persalinan adalah sakit pada selangkangan.

Kondisi ibu hamil yang sering kali pergi ke toilet untuk buang air kecil pada usia kehamilan minggu ke 38-42, merupakan tanda persalinan semakin dekat.

Di trimester akhir kehamilan bunda memang dituntut untuk jeli, salah satunya keluar air pada area kewanitaan bunda, berbau amis dan jumlah yang semakin banyak sehingga membasahi pakaian dalam bunda, bisa jadi tanda air ketuban yang telah pecah sehingga harus segera dibawa ke tempat bersalin.

Selanjutnya tanda menjelang persalinan yang harus dikenali oleh ibu hamil adalah rahim yang membuka di trimester akhir, ditandai dengan rahim membuka pada pembukaan pertama hingga memasuki bukaan kesepuluh.

Maka dari itu Flek hitam yang bunda alami sekarang tidak selamanya petanda menjelang persalinan. Flek hitam yang dihasilkan oleh bunda harus diketahui jumlahnya. Periksalah segera ke Dokter kandungan untuk mengetahui reaksi langsung yang bunda alami dan agar dapat ditangani oleh Dokter dengan tepat.

Previous Post Next Post